banner

Laman

Senin, 17 Oktober 2011

Pengelompokan IT berdasarkan Fungsinya


Berdasarkan fungsi yang diemban sistem, sistem teknologi informasi dapat dibedakan menjadi sistem teknologi informasi yang melekat (embedded IT system),sistem teknologi informasi yang khusus (dedicated IT system, dan sistem teknologi informasi serbaguna (purpose IT System).

Embedded IT System
Embedded IT system adalah sistem teknologi informasi yang melekat padaproduk lain. Sebagai contoh, sistem VCR (Video Casette Recorder) memiliki sistemteknologi informasi yang memungkinkan pemakai dapat merekam tayangan televisi.Adapun sistem teknologi informasi pada lift dapat digunakan untuk mengendalikangerakan lift dalam gedung pencakar langit. Misalnya, lift tertentu tidak bisa digunakanuntuk lantai 2 sampai dengan 7 pada jam antara 07.00 sampai dengan jam 09.00. 

Dedicated IT System
Dedicated IT system adalah sistem teknologi informasi yang dirancang untukmelakukan tugas-tugas khusus. Sebagai contoh adalah ATM (Anjungan Tunai Mandiri)dirancang secara khusus untuk melakukan transaksi keuangan bagi nasabah bank.
Tentu saja sistem seperti ini tidak bisa dipakai untuk melakukan tugas-tugas seperti mengetik dokumen.

General Purpose IT System
General purpose IT system adalah sistem teknologi informasi yang dapatdigunakan untuk melakukan berbagai aktifitas yang bersifat umum. Contohnya adalah Persoanal Computer (PC), yang merupakan peralatan yang dipakai di rumah atauperkantoran untuk mencatat pengeluaran, melakukan perhitungan statistik, membuatdokumen ataupun untuk belajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar